Tags

, , , , , , , , , ,


Ngomong-ngomong soal gaul, kalian pasti pengin jadi cewek-cowok gaul, dong! Gaul itu, kan, keren! Tapi, gaul yang dimaksud kali ini bukan gaul dengan gaya bicara yang lebay itu dan juga bukan gaul dengan pakaian tabrak warna yang lagi trend. Gaul yang akan dibahas ini lebih keren, yaitu gaul teknologi. 

Akibat nggak gaul teknologi
Sumber: Karya pribadi

Kalian sering mendengar tentang teknologi digital, bukan? Atau mungkin kalian sudah menggunakan benda-benda berteknologi digital merk terbaru yang mahal dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, tidak mengetahui bahwa benda-benda yang kalian pakai itu merupakan salah satu teknologi digital. Jika kalian belum tahu tentang teknologi digital, itu tandanya kalian belum masuk dalam kategori cewek dan cowok gaul teknologi.

Nah, berikut ini adalah tips untuk menjadi cewek-cowok gaul teknologi:
1. Ketahui apa itu teknologi digital.
Teknologi digital sedang in di era informasi ini. Teknologi ini merupakan suatu teknologi dimana alat-alatnya menggunakan rentetan angka dalam memproses informasi. Angka-angka tersebut merupakan kode yang hanya dimengerti oleh para ahli komputer. Secara sederhana, teknologi digital  adalah teknologi yang menggunakan sistem komputer yang disebut integrated circuit (IC) di dalamnya. Integrated circuit ini juga sering disebut chips. Jika kalian masih bingung bagaimana kerja chips, kalian bisa membayangkan komputer yang besar dan berat dibuat dalam ukuran yang sangat kecil. Nah, seperti itulah kerja sebuah chips.

2. Kenali ciri alat-alat dengan teknologi digital.
Salah satu ciri khas benda-benda yang menggunakan teknologi digital ialah adanya angka atau tulisan sebagai penunjuk informasi. Bentuk angka atau tulisan yang muncul sama/menyerupai angka dan tulisan pada kalkulator. Benda-benda yang menggunakan teknologi digital yang ada di kehidupan sehari-hari antara lain:
• Jam (jam tangan, jam dinding, dan jam weker). Jenis jam digital menggunakan angka sebagai penunjuk waktu, sedangkan jenis jam biasa adalah dengan gerakan jarum jam yang menunjuk angka-angka pada jam.
• Timbangan. Coba perhatikan timbangan manual. Saat kalian menggunakan timbangan tersebut, kalian perlu menggeser bandul pada timbangan untuk mendapatkan angka timbangan yang tepat. Pada jenis timbangan yang lain, kalian harus memperhatikan perpindahan jarum penunjuk angka. Berbeda dengan timbangan manual, timbangan digital lebih praktis. Kalian hanya perlu memperhatikan angka yang muncul di layar timbangan. Dengan demikian, kalian akan segera mengetahui beban benda yang ditimbang.
• Pengukur suhu. Pengukur suhu pada awalnya menggunakan air raksa. Untuk mengetahui suhu, kita hanya perlu memperhatikan dimana letak air raksa tersebut. Sedangkan, pengukur suhu digital menunjukkan angka pada layarnya.
• Telepon seluler. Kalian sering menyebutnya HP atau handphone atau telepon genggam.
• Kamera foto. Sebelum kamera digital muncul, kamera harus menggunakan klise. Namun, sekarang foto-foto disimpan dalam bentuk file/data yang dapat diakses menggunakan komputer.
• Angka penunjuk detik waktu di lampu merah.
• Mesin presensi, mesin yang dapat mencatat waktu kehadiran seseorang di kantor.
• Laptop, netbook, dan tablet.

Benda-benda yang menggunakan teknologi digital sangat banyak. Dewasa ini hampir semua kegiatan dalam kehidupan sehari-hari dibantu oleh teknologi digital; di sekolah, perkantoran, bisnis, dan industri. Jika kalian ingin mengenal teknologi digital lebih dekat, kalian dapat mengunjungi web blog Pusat Teknologi di http://pusatteknologi.com. Pusat Teknologi menyediakan informasi dan berita terbaru tentang teknologi.

3. Pelajari cara mengoperasikan alat-alat berteknologi digital.
Setelah mengetahui benda-benda apa saja yang menggunakan teknologi digital, ada baiknya kalian dapat mengoperasikan benda-benda tersebut, meskipun tidak memilikinya. Misalnya, kalian tahu mengoperasikan telepon seluler, tahu cara memilih menu pada telepon seluler berlayar sentuh, tahu cara menyentuh touchpad pada laptop untuk memindahkan cursor, bisa mengetik dengan Microsoft Office Word, membuat bahan presentasi dengan Microsoft Office Power Point, membuat brosur dengan Microsoft Office Publisher, tahu cara mencari data atau informasi di internet, dan tahu cara membuat blog.

4. Perluas wawasan dan pergaulan.
Sekarang ini jejaring sosial sedang digandrungi oleh banyak orang. Beberapa jejaring sosial yang digandrungi itu antara lain Facebook, Twitter, Bebo, Linkedln, Friendster, dan MySpace. Nah, cobalah bergabung dan mengikuti jejaring sosial tesebut. Kalian bisa mengikuti dan menggunakannya di laptop atau pun melalui telepon seluler.

Selain menjalin persahabatan di jejaring sosial, banyak orang muda (juga dilakukan oleh orang tua) yang menulis di website pribadi alias blog. Dengan kegiatan menulis di blog, kalian akan memperoleh wawasan baru dan pertemanan yang lebih luas. Jika kalian ingin berkenalan dengan para blogger (orang-orang yang suka menulis di blog) dari berbagai daerah di Indonesia, kalian bisa bergabung di Paguyuban Blogger Nusantara. Paguyuban Blogger Nusantara merupakan sebuah perkumpulan para blogger di Indonesia yang bersifat lintas daerah dan lintas komunitas dengan cita-cita memupuk semangat kebersamaan dan persaudaraan. Perkumpulan blogger semakin hari semakin banyak. Para blogger di setiap provinsi pun sudah membentuk perkumpulan sendiri sehingga mereka dapat kopi darat (bertemu). Salah satunya ialah Komunitas Ngawur, yaitu komunitas para blogger di Jawa Timur yang aktif mendukung anggota komunitasnya untuk mengikuti lomba-lomba menulis blog.

5. Optimalkan kemampuan dengan teknologi digital.
Benda-benda dengan teknologi digital memiliki manfaat yang beraneka ragam; membantu manusia dalam menjalankan pekerjaan. Teknologi digital pada alat kesehatan kesehatan (seperti alat deteksi jantung, mesin infus, alat bantu pernapasan ‘ventilator’) membantu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Teknologi digital di bidang pendidikan membantu mengembangkan kemampuan anak didik dan membantu proses belajar-mengajar, contohnya CD pembelajaran (e-learning), komputer, dan proyektor. Penggunaan teknologi digital pada bidang informasi, memudahkan penyebaran informasi ke semua lapisan masyarakat. Contohnya ialah internet, website, dan web blog. Teknologi digital digunakan di hampir seluruh aspek kehidupan manusia di era informasi ini. Dengan alasan efektivitas dan efisiensi, segala sesuatunya telah dijalankan oleh sistem komputer. Jadi, kita semua sesungguhnya telah banyak dibantu dengan adanya teknologi digital ini sehingga hasil kerja kita menjadi optimal.

Salah satu contoh cara mengembangkan kemampuan dengan teknologi digital di bidang informasi adalah menulis. Kalian bisa menulis artikel dengan komputer, mencari referensinya melalui internet, kemudian mengirimkannya ke surat kabar. Selain artikel, kalian juga bisa mengembangkan hobi menulis di bidang seni sastra; puisi, cerita pendek, dan novel. Jika kalian merasa bingung, kalian bisa mencari dan mempelajari penulisan karya sastra melalui internet. Karya-karya kalian bisa dicetak di penerbit, kemudian dipublikasikan. Jika tidak, kalian bisa mempublikasikannya secara gratis (tanpa imbalan atau pun royalti) di blog.

Mengembangkan kemampuan dengan cara menulis hanyalah salah satu cara. Tentu saja masih banyak aktivitas menarik dan gaul lainnya, misalnya di bidang seni tari, seni musik, dan seni lukis. Yang perlu kalian lakukan ialah mengeksplorasinya lebih lanjut.

Sekarang kalian sudah tahu bagaimana caranya menjadi gaul teknologi. Jadi, tunggu apa lagi? Gaul teknologi, dong, mulai dari sekarang!



Referensi:
Digital. (2012). Dalam Wikipedia. Diperoleh dari http://en.wikipedia.org/wiki/Digital
Retrieved from http://www.guide2digitallearning.com/
Underwood, J. (2009). The impact of digital technologies on learning. Retrieved from http://www.ictliteracy.info/rf.pdf/impact-digital-tech.pdf
Zalzoz, A. (2010). Digital Teknologi. Slideshare. Diperoleh dari http://www.slideshare.net/alvinzalzos/digital-technology-4806135#13425744474001&hideSpinner