Tags

, ,


Visa on Arrival ( VoA) merupakan visa yang dibuat dan diperoleh ketika kita tiba di suatu negara. Bagi Warga Negara Indonesia, ada beberapa negara yang memberlakukan hal ini. Beberapa negara tersebut ialah:
1. Shenzen, China
2. India

Untuk mengetahui apakah negara tujuanmu menggunakan VoA, silakan update informasi di internet. Karena bisa saja tahun lalu bisa menggunakan VoA, lalu tahun ini bebas visa, atau justru wajib mengurus visa di tempat asal.

Berdasarkan pengalaman saya di India. Membuat Visa on Arrival ini lumayan bikin deg-degan. Saya ditanya perihal tujuan, menginap dimana, berapa lama, dan sebagainya. Saya pun bisa diperhatikan dari ujung rambut hingga kaki.

“Ya ampun, segini banget!” kata saya dalam hati.

Satu hal penting yang saya sarankan saat mengurus VoA ialah berusaha meyakinkan petugas dengan cara tetap tersenyum, menunjukan kita relaks, meskipun jantung deg-degan dan jari-jari tangan mulai dingin.

Selain itu, saya pun menunjukan tiket pulang yang tepat 30 hari. Saya sempat agak khawatir apakah tanggal kepulangan saya termasuk hari ke-30 atau hari ke-31.