Tags

, , ,


Pernikahan berbeda keyakinan tentu saja bisa harmonis. Keharmonisan itu dapat dicapai jika pasangan suami-istri itu memiliki sikap yang positif dalam memandang situasi. Situasi yang dimaksud antara lain:
* cara memandang keyakinannya,
* bagaimana ia memandang keyakinan pasangannya,
* bagaimana kelak mereka mendidik anak-anak tentang keyakinan yang dianut,
* bagaimana menyikapi lingkungan yang kontra terhadap pilihan hidup mereka,
* bagaimana mereka memandang dosa-tidak dosa

Pasangan menjadi harmonis karena mereka menyadari perbedaan yang mereka miliki. Jadi, tidak ada istilah buta karena cinta di kamus mereka. Mereka justru melihat dengan jelas segala perbedaan yang ada dan menyadarinya. Mereka harmonis karena memutuskan untuk menghargai segala perbedaan itu, bukan mencampur aduk atau menghilangkannya. Mereka menjadi harmonis karena mereka mengembangkan toleransi, bukan mencari cara supaya salah satunya mengalah dan berpindah keyakinan.

Keharmonisan, kerukunan, kebahagiaan dalam rumah tangga beda keyakinan hanya dapat diciptakan oleh kualitas mental yang baik.

Jika membangun sebuah rumah, pondasi rumah lah yang dibuat terlebih dahulu, bukan?  Jika mau rumah yang kuat dan kokoh, maka kualitas pondasinya menjadi hal penting. Pondasinya dari semen berkualitas, batu berkualitas, dsb. Nah, dalam relasi, pondasi itu adalah penerimaan, penghargaan, tidak merasa keyakinannya yang paling benar, dan toleransi. Jika semua itu sudah ada dan dikembangkan sejak proses berteman/ pacaran, kehidupan berumah tangga itu pun akan berjalan dengan harmonis ke depannya.

Tetapi kalau di saat pacaran, pasangan itu berusaha tarik menarik, selalu berusaha agar pasangannya pindah keyakinan, dapat diprediksi bahwa rumah tangga itu nantinya akan penuh persaingan. Persaingan untuk menunjukkan bahwa keyakinannya lah yang paling benar, caranya yang paling tepat, dirinya yang harus diikuti, dsb. Tentu persaingan seperti ini tidak sehat.

Nah, ingin seperti apa rumah tanggamu kelak? Kamu dan pasangan lah yang menciptakannya.

Cheer up!🙂