Tags

, ,


Long Distance Relationship (LDR) atau pacaran jarak jauh (PJJ) menjadi hal menakutkan bagi beberapa orang. Ada yang berpendapat LDR membuat relasi “jarak dekat” yang awalnya baik menjadi rusak dan berakhir dengan kata “putus”.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan LDR. LDR tidak membuat relasi jadi rusak dan putus. Justru ketakutan-ketakutan tentang LDR itu sendiri yang membuat relasi itu rusak. Ketika kamu ketakutan, kamu akan menuduh pasangan punya idaman lain, kamu merasa tidak diperhatikan, kamu akan marah-marah dan ngomel melulu, kamu menjadi pasangan yang tidak asyik karena cemburuan dan tidak enjoy menjalani hidup.

Mengapa ada yang bertahan LDR dan mengapa ada yang tidak? Bahkan ada yang tidak berani memulai untuk LDR. Mengapa ada yang lebih memilih “putus” daripada harus menjalani LDR? Apa, sih, susahnya LDR? Apa aja yang mesti kita lakukan dalam menjalami LDR? Bagaimana caranya supaya awet LDR?

LDR itu memang tidak mudah, tetapi juga bukan hal yang mustahil. LDR itu dapat ditetapkan oleh karakter/kepribadian tertentu saja. The key word is in your mind. Jika kamu berpikir bisa, kamu pun akan bisa menjalani LDR itu. Jika kamu enjoy menjalaninya, kamu pun menjalaninya dengan keceriaan sepanjang hari. Jika kamu menjalaninya sambil meningkatkan kualitas dirimu, maka kamu dan pasangan akan sama-sama berkembang. Jika kamu dan pasangan saling percaya, relasi kalian pun akan semakin kuat.

Sesungguhnya, kamu dan pasangan mendapat banyak keuntungan dengan menjalani LDR. Namun, kalian tidak menyadarinya. Kalian sama-sama berkembang secara optimal, menjadi pribadi yang mandiri, dan dapat bersosialisasi secara luas.

Long Distance Relationship is an amazing life experience that you need to learn.

Apakah kamu dan pasangan akan menjalani LDR? Diskusikan lah dulu baik-baik dengan pasangan. Sadari kelebihan-kekurangan LDR, kesulitan apa yang akan dihadapi dan bagaimana solusinya. Kemudian, buatlah komitmen untuk menjalani LDR yang seperti apa. Beranikan lah dirimu untuk mencoba salah satu kemungkinan yang ada dalam hidup. LRD mengajarkan banyak hal tentang hidup, kedewasaan, kebijaksanaan, dan kemandirian.

Cheer up!🙂