Nofaola Menjadi Guru Hatha Yoga Berlisensi Internasional


img_6871

Bersama teman-teman satu kelas dan guru-guru kami.

“Yoga itu apa, ya?” tanya Nofaola dalam hati pada pertengahan tahun 2013 itu.

Semuanya berawal dari rasa ingin tahu. Rasa itu mendorong Nofaola membuka komputer dan mulai berselancar menyusuri berbagai penelitian dan tulisan mengenai Yoga.

Setelah Nofaola mulai membaca tentang Yoga, dia menyadari bahwa ternyata gerakan-gerakan Yoga sudah ia lakukan sejak kecil. Nofaola pun mulai tahu bahwa selain bermanfaat untuk tubuh, Yoga itu sangat besar pengaruhnya bagi jiwa manusia. Sebagai seorang Psikolog Klinis tentu hal ini menjadi menarik. Nofaola akhirnya tahu manfaat Yoga. Nofaola menyukainya. Dia bisa melakukan beberapa gerakan yoga itu.  Dia pun semakin jatuh cinta. 

Tahun 2014 Nofaola memiliki kesempatan cuti 3 tahunan. Bagi ASN atau pegawai pemerintah, cuti 3 tahunan itu bisa sekitar 20an hari, kurang lebih 4 minggu alias 1 bulan. Nofaola merasa kesempatan cuti itu bisa dia gunakan untuk sesuatu yang bermanfaat. Akhirnya Nofaola putuskan untuk mengambil Yoga Teacher Training di India. 

Nofaola mulai mencari-cari tempat pendidikan yoga, membanding-bandingkan harga, serta mempertimbangkan beberapa hal. Akhirnya dia menemukan website www.aarshayoga.yogaindiameditation.comInstitusi ini merupakan salah satu institusi pendidikan guru yoga berskala internasional. Pengajar utamanya ialah seorang biarawan Hindu bernama Booma Chaitanya. Murid-murid memanggilnya “Boomaji”.

Salah satu alasan mengapa Nofaola memilih belajar di India ialah karena Yoga lahir dan berkembang di India. Nofaola ingin belajar tentang Yoga dari seorang pakarnya dan mengenal akar ilmunya. Dan ternyata dia sangat bersyukur karena Boomaji sudah mengajar hampir 20 tahun (saat itu), dan muridnya sudah ratusan orang dari berbagai benua, bahkan hampir mencapai angka ribuan. Banyak dari murid-muridnya sudah menjadi pengajar Yoga juga di berbagai negara. 

“You are my first Indonesian student, “kata Boomaji, guru yoganya .

Nofaola rupanya satu-satunya orang Indonesia yang menjadi murid Booma secara langsung. Karena kebanyakan orang Indonesia belajar dengan bule-bule yang menjadi murid Boomaji ini. Nofaola merasa bersyukur sekali karena bisa belajar langsung dengan beliau. 

Dalam pendidikan guru Yoga, Nofaola dan teman-temannya tidak hanya belajar tentang gerakan yoga. Mereka juga mengenai anatomi, ayurveda, filsafat, dan sansekerta. Anatomi dan ayurveda diajarkan oleh seorang dokter. Filsafat dan bahasa sansekerta diajarkan oleh Swami Yogeshananda, beliau juga seorang biarawan Hindu. Dalam mempelajari gerakan Yoga, guru utama mereka dibantu oleh P.S Parameswaran. Profil guru-guru yoga Nofaola dapat dibaca di link biografi singkat mereka disini Profil Guru di Aarsha Yoga Vidhya.

Kegiatan pelatihan guru yoga diawali dengan doa pembukaan yang dipimpin oleh pemuka agama Hindu. Nofaola dan para murid pada umumnya bukan beragama Hindu. Namun, karena acara ini merupakan bagian dari proses belajar, mereka semua mengikutinya sebagai bentuk penghormatan dan toleransi. Tujuan doa itu ialah agar semua murid dapat belajar dengan baik, tetap sehat hingga proses belajar yoga 200 jam selesai. Sebagai penganut agama Katolik, tentu saja Nofaola memanjatkan doa kepada Yesus Kristus agar apa yang dipanjatkan berlaku juga untuknya. 

10854363_10204553786178197_8500884959726176313_o

Ritual doa untuk mengawali kegiatan pelatihan guru yoga.

Kegiatan pelatihan dimulai dari jam 5 pagi hingga sekitar jam 10 malam. Jam 5 pagi murid-murid harus bangun untuk meditasi sekitar 60 menit. Diberi kesempatan untuk minum jahe beberapa menit, kemudian belajar Yoga jam 7-9 pagi.

10531459_799851796775579_6534149069137507273_o

Kami diajarkan cara mengajar yoga bagi anak-anak.

Setelah itu diberi waktu untuk mandi, kemudian makan pagi-siang sekitar jam 10. Setelah makan pagi, ada waktu kosong sekitar 30 menit untuk chit chat dengan teman atau anggota keluarga. Kemudian jam 11 mereka belajar filsafat sampai jam 1. Setelah itu ada waktu kosong, sampai jam 4. Mereka bebas menggunakan waktu, mau untuk istirahat atau belajar. Di antara waktu kosong itu mereka wajib melakukan Dharma Yoga, yaitu kegiatan membersihkan asrama dari halaman asrama hingga lantai 1. Sore harinya jam 4 mereka mulai belajar Yoga lagi sampai sekitar jam 6-7 malam. 

20141026_094132

Salah satu sesi belajar untuk menjadi guru yoga bagi ibu hamil.

Setelah belajar yoga sesi malam selesai, murid-murid mendapat kesempatan mandi lalu lanjut makan malam sekitar jam 7-8. Setelah makan malam, mereka melanjutkan kegiatan lagi. Kadang diisi belajar anatomi, kadang-kadang belajar chanting (menyanyikan mantra atau bacaan), belajar bahasa Sansekerta, atau sekedar hiburan dengan bernyanyi-nyanyi besama. Itu lah kegiatan mereka selama 1 bulan selama menempuh pelatihan.

Makanan para murid selama 1 bulan itu pun diatur. Mereka tidak boleh makan makanan yang manis selama pendidikan. Mereka hanya boleh makan makanan yang disediakan oleh asrama agar tetap fit sampai pelatihan selesai. Mereka juga diajarkan memilih menu sehat dalam untuk kehidupan sehari-hari sebagai guru Yoga. Tujuannya agar kelak mereka bisa menjadi teladan bagi murid-murid. 

20141014_190419

Salah satu menu makan malam favorit saya selama di ashram.

Dalam 1 bulan itu, murid-murid diberi kesempatan 2 kali jalan-jalan. Guru-guru mengajak mereka  jalan-jalan ke beberapa tempat wisata, baik itu wisata rohani, wisata budaya, dan wisata alam.

10898005_10204553891900840_1726556152003236390_n

Jalan-jalan ke Kanyakumari, sebuah kota kecil yang terletak di selatan India.

Menurut Nofaola, “Menjadi guru yoga bukan hanya mengajarkan gerakan yoga pada murid-murid kita. Guru dalam bahasa sansekerta berarti pengajar, pembimbing, atau seorang yang ahli. Maka kita diharapkan menjadi teladan bagi murid-murid kita kelak”

Inilah cerita singkat bagaimana Nofaola menekuni yoga dan resmi menjadi guru yoga. Aktivitas mengajar yoga ia khususkan untuk terapi, baik itu terapi secara fisik maupun psikologis/mental. Informasi lengkap mengenai apa itu terapi yoga, apa saja yang bisa diterapi, dapat dibaca di halaman Pax terapi yogaSilakan klik.

Selamat membaca tulisan-tulisan seru di blog ini dan salam kenal dari Nofaola. Salam ceria. Namaste. 🙂

2 thoughts on “Nofaola Menjadi Guru Hatha Yoga Berlisensi Internasional”

  1. yenti gustiani said:

    Malam buk maria, saya tertarik utk ikut kelas yoga hamil, mohon diinfokan harga serta jadwalnya. Terima kasih banyak

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s