Selayang Pandang Tentang Penulis


untuk blog

Maria Nofaola, S.Psi., M.Psi., Cht., Psikolog

Namanya Maria Nofaola. Dia berprofesi sebagai seorang Psikolog Klinis dan bekerja di Rumah Sakit. Selain menjadi Psikolog Klinis, dia juga berwirausaha dan juga guru yoga bersertifikat internasional.

Baginya, menulis adalah ekspresi jiwa. Blog menjadi media untuk menampungnya. Ekspresi jiwa itu berupa ide, pendapat, hasil analisa, pengalaman, dan segala hal yang tersembunyi di dalam benaknya. Dia ingin membagi hasil pengolahan mentalnya itu kepada orang lain. Blog ini juga merupakan bentuk kepeduliannya perihal kesehatan mental, kesehatan jiwa, dan ilmu psikologi. Dia sering menemukan blog yang mengupas masalah psikologi atau kesehatan mental namun penulisnya tidak berlatar belakang pendidikan psikologi. Tulisan-tulisan itu cenderung dibuat hanya berdasarkan common sense atau logika pribadi yang dipadukan dengan pengalaman saja. Melihat kenyataan itu, penulis yang berprofesi sebagai psikolog merasa punya tanggung jawab moral terhadap kebenaran informasi mengenai kesehatan mental dan psikologi. Itulah sebabnya dia berkeinginan menjadikan blog ini sebagai media berbagi ilmu perihal kesehatan mental dan psikologi. Penulis berharap dapat membuat tulisan yang berkualitas namun ringan dibaca. Dia akan menulis dengan memadukan proses analisa pribadi dengan hasil-hasil penelitian dan teori-teori psikologi.

Dia ingin membuat tulisan yang berkualitas dan dapat dipercaya. Dia akan menulis sesuai bidangnya; perihal kesehatan jiwa, psikologi, bisnisnya, dan hatha yoga yang digelutinya.

Segala tulisan seputar psikologi tentu saja ditulis berdasar Ilmu Psikologi yang ditekuninya selama belasan tahun. Tulisan-tulisan tersebut berdasarkan penelitian ilmiah, namun ia menyentuhnya dengan seni rasa dan dipoles sedemikian rupa agar mudah dipahami. Tulisan-tulisan yang dibaginya berisi pengalaman pribadi, hasil analisa, hasil wawancara, dan hasil rangkuman mengisi acara, seperti; seminar, talkshow, ceramah, penyuluhan.

“Menghargai tulisan orang lain.” Itu prinsipnya. Setiap kali mengutip, menerjemah, dan menyadur karya orang lain, dia akan menunjukkan sumber tulisan itu.

“Buah pikiran itu tidak ternilai,” katanya, “semua tulisan di internet gratis dan bisa kita ambil sesuka hati kita. Namun, alangkah bijak jika kita membayar royalti kepada penulis dengan cara mencantumkan namanya dan asal tulisan. Itu adalah royalti yang tidak ternilai pula.” Maka, pencantuman asal artikel di akhir tulisan merupakan bayaran bagi penulis.

Dalam blog ini, dia juga menyediakan layanan bagi pembaca yang ingin konsultasi pribadi. Dia menyediakan kolom Konsultasi Psikologi. Di situ, pembaca boleh bertanya apa saja seputar psikologi.

 Apa yang ditanyakan kepada saya akan dirahasiakan. 

“Apa yang ditanyakan kepada saya akan dirahasiakan,” tegasnya. Kerahasiaan menjadi prinsip yang harus dipegangnya. Ini adalah kode etik profesi psikolog. Pertanyaan akan masuk ke email pribadinya, oleh karena itu kita tidak perlu khawatir. Semua pertanyaan tidak akan muncul dan terbaca di blog.

Feel free! Saya senang bisa berbagi dan membantu,” dia mengungkapkan perasaannya dengan tangan terbuka.

Sebagai seorang psikolog, dia juga melakukan praktik psikologi. Dia memberikan layanan konsultasi psikologi secara profesional bagi siapa saja, tanpa batasan usia dan jenis persoalan. Dia praktik di beberapa tempat, yaitu:
Praktik I:
RSIA Anugerah Bunda Khatulistiwa
Jl.Ahmad Yani Pontianak
Kalimantan Barat
Indonesia 78124
Telp. (0561) 548088/ 581818 atau HP. 082148484523
(Jadwal sesuai perjanjian dengan psikolog)

Praktik II:
RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie
Jl. Komodor Yos Soedarso, Pontianak
Kalimantan Barat
Indonesia
(Praktek setiap hari Senin-Jumat, jam 08.00 – 12.00 WIB)

“Salam ceria!” Begitulah dia menutup setiap tulisannya. Dia berharap para pembaca tulisannya memperoleh manfaat, pencerahan, dan keceriaan setelah membaca tulisan-tulisannya. Untuk menjadi sebuah tulisan berkualitas, tulisan-tulisan tersebut membutuhkan umpan balik. Oleh karena itu, penulis menyilakan penulis, psikolog, dan psikiater untuk memberi masukan, saran, dan kritiknya.

Sekian selayang pandang tentang penulis.

“Salam ceria!”

banner-socmed-01