Pax, Yoga with Nofaola


yoga with nofaola

PAX adalah program terapi kolaborasi Yoga dan psikologi yang disupervisi oleh Maria Nofaola, seorang Psikolog Klinis yang sekaligus Guru Hatha Yoga. Program ini secara resmi dibuka bulan Oktober 2018. Program terapi ini dilaksanakan pada waktu tertentu saja, sesuai waktu yang ditentukan oleh Nofaola.

Kata PAX diambil dari bahasa Latin yang artinya damai. Filosofinya ialah rasa damai itu membuat jiwa bahkan tubuh kita menjadi sehat. Dengan kedamaian pikiran, seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya dengan baik. Ia dapat menghasilkan ide-ide baru yang kreatif dan menjadi produktif. Lalu, ia pun menjadi pribadi yang asyik, menyenangkan, ceria, 

Program terapi ini dibuka sebagai bentuk kepedulian pada klien-klien yang membutuhkan penanganan secara kolaboratif, fisik maupun mental. Program ini secara spesifik ditujukan bagi klien yang mengalami masalah psikologis, seperti:
– kecemasan, baik yang dengan alasan maupun tanpa alasan jelas
– gangguan tidur, seperti insomnia sering merasa ngantuk di siang hari
– depresi, ada perasaan sedih, kehilangan semangat hidup
– serangan panik, yaitu tiba-tiba merasa deg-degan kencang dan mau pingsan
– perasaan khawatir dan takut
– sulit konsentrasi saat bekerja, maupun saat berkomunikasi dengan orang lain

Selain mengatasi keluhan-keluhan mental, program ini juga dapat diperuntukan bagi klien yang sering mengalami sakit kepala, sakit maag, tekanan darah sering kali tinggi, bahkan klien yang memiliki masalah syaraf kejepit.

Alur pelaksanaan program terapi di PAX ialah:

  1. Pemeriksaan awal. Psikolog akan memeriksa kondisi mental dan riwayat gangguan fisik yang dialami oleh masing-masing klien.
  2. Analisa persoalan. Psikolog akan menganalisa masalah klien
  3. Merancang terapi. Klien akan memperoleh supervisi Psikolog selama program terapi. 
  4. Psikoedukasi. Pertemuan pertama dilakukan secara bersama klien lain yang sudah dikelompokan permasalahannya. Dalam pertemuan ini klien akan mendapat penjelasan mengenai program terapi, bagaimana terapi akan berlangsung, apa saja yang harus dilakukan agar terapi dapat berjalan sesuai harapan.
  5. Pelaksanaan terapi. Terapi dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  6. Bimbingan. Ada tugas lanjutan yang harus dilakukan klien agar terapi berjalan baik. Klien akan dibimbing oleh Psikolog.
  7. Evaluasi. Program terapi akan dievaluasi. 

Silakan baca perihal beberapa contoh masalah yang pernah ditangani dengan terapi Yoga dan Psikologi di PAX, silakan buka halaman berikut Masalah yang Perlu Terapi Yoga dan Psikologi.

Informasi lebih lanjut mengenai terapi Yoga dan Psikologi di PAX, silakan hubungi Maria Nofaola, S.Psi., M.Psi., Psikolog di 082148484523 (telp.sms.whasapp).

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s